Asuransi Teknik, Persiapan yang tepat Bagi Bisnis Anda

Pentingnya Memiliki Asuransi Kebakaran untuk Bisnis
October 18, 2016
Segera Miliki Asuransi Kesehatan untuk Bisnis Anda
March 24, 2017

Asuransi Teknik, Persiapan yang tepat Bagi Bisnis Anda

Saat ini setiap negara memang terus berlomba untuk memajukan negaranya agar tercipta percepatan ekonomi dan juga mampu bersaing dengan negara lain. Nah salah satu cara untuk mencapai kemajuan tersebut adalah dengan pembangunan. Dengan pembangunan terutama pembangunan fisik memang akan menciptakan infrastruktur yang bisa mempercepat roda ekonomi.

Nah ketika ekonomi sudah mampu bergerak dengan efektif karena pembangunan maka tujuan mewujudkan negara yang maju akan bisa tercapai. Indonesia sebagai negara berkembang adalah salah satu negara yang sedang intens menggalakkan pembangunan diberbagai bidang atau sektor. Tentu saja dalam penggalakan pembangunan ini dibutuhkan sebuah perlindungan yang mampu memproteksi hal-hal yang berkaitan dengan proyek tersebut yang berwujud asuransi teknik atau Engineering Insurance. Nah dengan adanya asuransi ini maka usaha atau bisnis Anda yang bergerak dibidang konstruksi akan terlindungi dengan baik.

Apa itu Engineering Insurance ?

Asuransi teknik atau Engineering Insurance adalah asuransi yang akan mampu memproteksi dan melindungi Anda dan usaha atau bisnis dari risiko kerugian akibat kerusakan yang terjadi saat proses pengerjaan proyek atau pembangunan. Beberapa hal seperti bangunan, mesin, alat berat akan dilindungi oleh asuransi dari segala bentuk kerusakan dan kerugian ketika proyek pembangunan dilakukan.

Objek Polis Engineering Insurance

Secara umum objek polis Engineering Insurance adalah semua benda yang berkaitan dengan proyek pengerjaan pembangunan dalam bisnis Anda. Tapi dalam kesepakatan dengan pihak penyelenggara asuransi, objek polis ini bisa Anda perluas untuk menjamin beberapa benda atau hal yang sangat penting dalam usaha Anda. Berikut beberapa objek polis dalam asuransi teknik yang bisa Anda proteksi agar bisnis terlindungi yaitu :

  • Kontrak Pekerjaan
  • Material atau bahan-bahan yang dimiliki oleh Kontraktor
  • Peralatan pekerjaan, termasuk alat berat dan mesin-mesin yang digunakan dalam pekerjaan

Sementara itu jenis proyek atau pekerjaan pembangunan yang bisa ditanggung oleh pihak penyelenggara asuransi teknik berkaitan dengan bisnis Anda antara lain :

  • Pekerjaan jembatan
  • Pekerjaan jalan
  • Pekerjaan pembangkit
  • Pembangunan gedung/apartemen/mall/rusun
  • Pembangunan terowongan
  • Pekerjaan dermaga

Jenis Product Asuransi Teknik

Beberapa pihak penyelenggara asuransi memang bisa jadi memiliki jenis produk asuransi teknik yang berbeda-beda. Namun secara umum, beberapa produk asuransi teknik yang kemudian bisa Anda manfaatkan untuk memproteksi bisnis konstruksi Anda yaitu :

  1. Contruction All Risk

Produk asuransi teknik pertama adalah Contruction All Risk. Dengan mengambil asuransi ini maka bisnis Anda akan terlindungi dari risiko kerugian pada pekerjaan fisik konstruksi bangunan.

  1. Erection All Risk

Selanjutnya, produk asuransi teknik adalah Erection All Risk. Produk asuransi teknik ini sendiri akan menjamin bisnis Anda pada perlindungan kerugian  yang bisa ditimbulkan oleh pekerjaan instalasi konstruksi bangunan.

  1. Electronic Equipment

Berikutnya, produk asuransi teknik adalah Electronic Equipment. Pada jenis produk asuransi ini maka kerugian bisnis yang bisa menimpa pada alat-alat elektronik Anda akan bisa dilindungi atau diproteksi.

  1. Completed Plant Machinery

Terakhir, produk asuransi teknik adalah Complete Plant Machinery. Pada produk asuransi yang satu ini maka bisnis Anda akan mendapatkan proteksi atau perlindungan dari hal-hal yang bisa merugikan kendaraan dan alat alat berat yang ada di industri atau proyek pembangunan.

Jaminan Lainnya

Selain beberapa jaminan yang telah disebutkan sebelumnya, asuransi teknik juga bisa melakukan perlindungan pada hal-hal lain yang bisa saja merugikan bisnis Anda seperti :

  • Jaminan untuk angin topan, badai, banjir dan kerusakan akibat air
  • Jaminan untuk kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan huru hara
  • Jaminan untuk tanah longsor dan pergerakan tanah
  • Jaminan untuk perampokan dan pencurian
  • Jaminan untuk kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat dan asap
  • Jaminan untuk gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami
  • Jaminan untuk kecelakaan lainnya.