Pentingnya Memiliki Asuransi Kebakaran untuk Bisnis

Asuransi Mobil, Pilihan Terbaik Untuk Bisnis Anda
October 16, 2016
Asuransi Teknik, Persiapan yang tepat Bagi Bisnis Anda
March 23, 2017

Pentingnya Memiliki Asuransi Kebakaran untuk Bisnis

Firefighters training

Di masa sekarang ini risiko dalam hidup memang semakin tinggi. Dari makin beragamnya kepentingan yang muncul hingga faktor lingkungan yang makin mengancam, membuat risiko dalam zaman modern ini makin terasa. Nah dalam hidup yang penuh dengan risiko inilah maka sebuah jaminan atau perlindungan akan sangat dibutuhkan.

Dan salah satu bentuk perlindungan yang sangat diperlukan olah masyarakat tersebut adalah asuransi kebakaran. Resiko kebakaran memang tak bisa diremehkan, terutama bagi para pebisnis yang sedang menjalankan usaha. Hal ini dikarenakan bila terjadinya kebakaran pada unit usaha akan membuat usaha yang dijalankan akan seketika bangkrut dan gulung tikar. Maka dari itulah jaminan perlindungan dalam wujud asuransi kebakaran adalah yang penting untuk dimiliki para pebisnis.

Apa Itu Asuransi Kebakaran?

Asuransi kebakaran yaitu usaha proteksi atas sebuah objek atau barang dengan sebuah perjanjian antara pihak penanggung yang memfasilitasi asuransi dan pihak tertanggung yang mengasurasikan bendanya, dalam hal kaitannya dengan jaminan perlindungan dari kerugian akibat kebakaran. Pada asuransi ini pihak penanggung akan mengganti rugi kerugian yang diderita oleh pihak tertanggung sesuai dengan isi perjanjian ketika terjadi musibah kebakaran pada aset yang diasuransikan.

Benda yang Bisa Diasuransikan

Dalam jenis asuransi kebakaran ini beberapa objek atau benda bisa diasuransikan. Dari benda tetap seperti bangunan, pabrik, rumah hingga objek atau benda bergerak seperti kendaraan bermotor, mobil, kapal. Objek atau benda bergerak yang berada di dalam atau jadi bagian dari benda tetap yang bersangkutan seperti perlengkapan di dalam gedung perkantoran, peralatan dalam pabrik atau perabot dalam rumah juga bisa diasuransikan. Nah nantinya objek atau benda yang diasuransikan akan dihitung dan ditentukan harganya untuk dijadikan sebagai bagian dari polis asuransi.

Penentuan Harga Benda Objek Asuransi

Meski ada pasal 287 KUH Dagang yang dinyatakan sebagai salah satu syarat dalam penentuan harga benda asuransi kebakaran, namun dalam prakteknya penentuan harga barang ini terbilang sulit dilaksanakan. Hal ini dikarenakan tidak semua benda telah diketahui harganya. Selain itu harga barang yang berubah selama jangka waktu berlakunya asuransi kebakaran juga menjadikan penentuan harga benda objek asuransi kebakaran ini jadi sulit. Dari penentuan dan penaksiran harga barang asuransi ini maka nantinya akan muncul jumlah setoran premi yang harus dibayarkan pihak tertanggung pada pihak penanggung.

Evenemen dan Ganti Kerugian

Setelah pihak tertanggung membayarkan premi sesuai harga barang yang telah ditentukan tadi, maka pihak penanggung sudah berkewajiban melindungi barang yang diasuransikan tadi dari segala bentuk kerugian akibat kebakaran. Untuk ketentuan penanggungan ini sendiri diatur dalam Pasal 290 KUHD. Dalam pasal 290 KUHD tersebut sebab-sebab timbulnya kebakaran yang tidak hanya meliputi kebakaran biasa, namun meliputi cakupan seperti :

  • Api yang timbul sendiri, petir, kekurangan hati-hatian serta akibat kecelakaan lainnya.
  • Kesalahan atau tindak kejahatan jahat dari orang lain meski itu adalah tetangga, pelayan sendiri, atau perampok dan lainnya.
  • Penyebab lain, dengan apapun bentuk dan cara apapun kebakaran itu terjadi baik yang direncanakan atau tidak. Baik serta hal biasa atau luar biasa, tanpa ada pengecualian.

Dalam pasal 291 KUHD juga mengatur efek atau dampak dari kebakaran yang bisa membuat kerusakan atau kerugian pada benda disekitarnya yang juga diasuransikan. Ketentuan tentang hal ini sendiri disamakan dengan kerugian akibat kebakaran, yaitu:

  • Rusaknya benda asuransi karena air atau alat lain saat dilakukan proses pemadaman api.
  • Hilangnya benda asuransi akibat pencurian atau sebab lain saat pemadaman kebakaran atau pertolongan.
  • Rusaknya benda asuransi atas perintah ketika proses pemadaman  api.